Tips Cara Memilih Laptop Untuk Anak Sekolahan

8 Tips Cara memilih Laptop untuk Anak Sekolahan

 

Tak bisa dipungkiri  bahwa sejumlah tugas sekolah/kuliah mengharuskan siswa/mahasiswa memiliki sebuah notebook untuk membantu menyelesaikan tugas-tugasnya. Perlu diingat bahwa siswa memiliki anggaran dan kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, memilih notebook yang tepat dan cermat akan memberikan hasil yang maksimal.

Nah, sebelum membeli, mari kita simak beberapa pertimbangan berikut ini :

1. Budget. Sebelum kamu pergi membeli notebook, tetapkan terlebih dahulu budget/anggaran yang kamu punya. Ini akan membantumu fokus memilih notebook terbaik berdasarkan anggaran yang kamu punya. Tapi upayakan untuk tidak menetapkan anggaran terlalu rendah. Pertimbangkan desain, beban, bobot, daya tahan baterai, dan spesifikasi yang ditawarkan. Sesuaikan beberapa poin itu dengan kebutuhan kamu di sekolah/kampus.

2. Mobilitas. Hal ini mungkin saja berbeda bagi setiap orang. Pasalnya, ada sebagian orang yang rela membawa laptop tebal dengan bobot cukup berat sepanjang hari. Tapi ada juga sebagian orang yang lebih memilih notebook yang ringan dan tipis.

3. Kinerja baterai. Upayakan untuk memilih notebook yang punya daya tahan baterai cukup baik sesuai dengan kegiatan kamu sehari-hari.

4. Kegunaan. Keyboard dan touchpad yang nyaman memang cukup penting. Tapi hal itu tergantung selera masing-masing orang. Beberapa orang bersedia membeli notebook yang memiliki keyboard kecil-kecil jika mereka bisa menghemat beban yang dibawa.

5. Tampilan/display. Resolusi LCD panel yang paling umum saat ini adalah 1.366 x 768. Tapi jika anggaran kamu cukup untuk menemukan notebook dengan layar resolusi mulai dari 1.600 atau lebih, maka notebook kamu akan makin berguna untuk OS Windows 8 yang akan datang.

6. Kapasitas hard disk. Ini penting, pertimbangkan kebutuhan kamu dengan kapasitas hard disk yang disediakan notebook. Pilih notebook dengan kapasitas hard disk yang tidak terlalu kecil, maupun tidak terlalu besar untuk menyimpan koleksi musik, foto, video, atau games milikmu. Ingatlah bagaimana saat ini ada banyak hard disk external untuk menyimpan dokumen-dokumen milikmu jika kapasitas penyimpanan di notebook sudah penuh. Salah satu notebook dengan kapasitas besar adalah Acer Aspire V5 yang dilengkapi dengan kapasitas sebesar 500 GB.

7. Konektivitas. Upayakan untuk memilih notebook yang memiliki port ethernet atau menyediakan fitur wi-fi. Hal ini cukup penting ditengah semakin besarnya peran media sosial, browsing, dan sebagainya yang membutuhkan koneksi internet. Terlebih saat ini sudah banyak kampus/sekolah yang dilengkapi dengan fasilitas wi-fi untuk siswanya.

8. Dukungan jaringan resmi. Mengeluarkan anggaran sedikit banyak untuk garansi sangatlah seimbang dengan apa yang didapatkan. Pasalnya, tipikal siswa atau mahasiswa di tahun pertama mereka memiliki notebook, pasti ada saja yang terjadi. Mulai dari tidak sengaja menjatuhkannya, menumpahkan kopi di atasnya, atau ceroboh hingga notebook dicuri oleh orang lain. Disinilah peran dukungan jaringan resmi melalui garansi yang ditawarkannya sangat berguna. 

 

 

 

 

Published on : Dec 12,2012  @14:05

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s