10 Gitaris Bass Terbaik di Dunia

1. Sid Vicious

Untuk musikalitas, sebenarnya Sid tidak ada spesialnya sama sekali. Bahkan konon ia sebenarnya tidak bisa bermain musik. Tapi yang luar biasa adalah bagaimana ia bisa menjadi icon Sex Pistols, padahal dia personel baru. Bahkan Malcom Mc Laren, Manager Sex Pistols pernah berkata: “Pada saatp manggung, penonton selalu lebih condong ke arah kiri. Karena mereka ingin dekat dengan Sid.”

2. Michael “Flea” Barzaly

Flea merupakan anggota dari Red Hot Chili Peppers. Aksi panggungya terkenal atraktif. Musikalitasnya pun tinggi. Ia adalah seorang bassist yang berpengaruh pada dekade 90-an. Gayanya sangat original. Ia mencampurkan antara psychedelic rock, hard rock dan Punk.

3. Billy Sheehan

Ia adalah pentolan dari MR Big. Gaya bermain bass seperti memainkan gitar. Banyak memetik dengan tiga jari. Dia telah memenangkan polling dari Majalah “Guitar Player” sebanyak lima kali untuk “The Best Rock Bass Player”.

4. John Entwistle

John Entwistle berasal dari sebuah band legendaris The Who. Tak heran John menjadi salah satu pemain bass terbaik dunia. Permainan progresiffnya banyak dijadikan panutan oleh pemain bass lain seperti Flea. Bahkan John adalah pelopor untuk band yang menghancurkan alatnya sesudah bermain.

5. John Myung

Ia adalah anggota dari Superband Dream Teathre. Pada awalnya, John adalah seorang pemain musik klasik. Tak heran kenapa sound-sound bassnya banyak terdengar seperti sebuah musik klasik. Instrumen yang pertama ia dalami adalah biola. Lalu pada umur 15 tahun, ia menjadi seorang pemain bass.

6. Aston Barett

Pemain bass yang mengiringi Bob Marley ini merupakan seorang musisi yang menciptakan pakem suara bass bagi musik-musik Reggae, Ska dan Rock Steady. Ia juga multi talenta, tidak hanya bermain bass, Aston Barret juga menjadi music director bagi The Wailers.

7. Cliff Lee Burton

Cliff Lee burton merupakan pemain bass pertama Metallica. Ia bertanggung jawab terhadap perkembangan bass di dunia metal dan trash saat ini. Ia punya sumbangsih besar dalam membuat musik Metallica menjadi unik. Cliff meninggal pada 1986 karena kecelakaan lalu lintas di Swedia.

8. Larry Graham

Pemain afro inilah yang mempopulerkan teknik memukul bass dengan jempol (slap). Ia dinobatakan sebagai pemain bass rock terbaik no. 3 sepanjang masa oleh Digital Dreamdoor. Larry juga adalah seorang penyanyi.

9. Paul Mc Cartney

Ia adalah pelopor di mana pemain bass yang muncul sebagai seorang frontman. Selain menjadi penyanyi utama, Paul juga menciptakan lagu bagi The Beatles. Jika John Lennon tidak bertemu Yoko Ono, mungkin Paul akan lebih populer.

10. Sting

Nama aslinya adalah Gordon Matthew Thomas Sumner. Ia lahir di Inggris dan menjadi penyanyi utama dalam The Police. Meskipun lebih dikenal karena lagu ciptaanya, namun tidak ada yang mergaukan musikalitas Sting dalam bermain bass. Nada yang ia ciptakan sangat berpengaruh terhadap dunia pop/jazz modern.

 

 

 

 

Published on : Dec 13, 2012  @02:43

One comment on “10 Gitaris Bass Terbaik di Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s