Sumatera Utara

Sumatera Utara terkenal dengan objek wisatanya, tapi masih kurang di eksplor dan kurang dibenahi. Berikut ini saya posting beberapa objek wisata di Sumatera Utara. Ini hanya beberapa, masih ada ratusan objek wisata menarik lainnya yang jadi “hidden paradise”.,

   1.  WISATA DI KOTA MEDAN

1.1     Istana Maimun 

istana maimunIstana Maimun merupakan peninggalan Kerajaan Deli. Didirikan oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah yang merupakan keturunan raja ke-9 Kesultanan Deli. Istana ini dibangun pada 26 Agustus 1888 dan baru diresmikan pada 18 Mei 1891. Telusurilah keindahan dan kemegahan Istana Maimun dari balik dindingnya yang kokoh dan puluhan kamar yang tersebar di dua lantai. Menerawanglah pada kemegahan lampu kristal khas Eropa, kursi, meja maupun lemari hingga puluhan koleksi istananya. Di sini Anda disodori cerita kejayaan Kesultanan Deli masa lalu.Selain diberi kesempatan untuk melihat langsung istana beserta isinya, Anda juga diberikan cerita sejarah singkat tentang Istana Maimun dan Kesultanan Deli oleh pemandu yang ada di istana.

        1.2    Penangkaran Buaya Asam Kumbang

buaya1Penangkaran Buaya Asam Kumbang atau sering disebut sebagai Taman Buaya Asam Kumbang adalah salah satu taman reptil yang paling besar di Indonesia dengan lebih dari 2,400 ekor reptil. Dibangun sejak tahun 1959, Penangkaran Buaya Asam Kumbang mempunyai koleksi banyak buaya dari yang muda hingga yang berusia puluhan tahun. Walau dipenuhi banyak binatang buas, tempat ini sangat aman karena mereka diletakan di kolam dan danau buatan yang sudah di desain secara aman. Terletak di Jalan Bunga Raya Kecamatan Medan Selayang No.59 Desa Asam Kumbang, lima kilometer dari pusat Kota Medan, Taman ini buka setiap hari dari pukul 09.00 – 18.00 WIB.

       1.3  Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

rahmatRahmat International Wildlife Museum & Gallery berada di Jl. S Parman Kecamatan Medan Petisah, museum ini adalah satu-satunya museum yang mempunyai koleksi lengkap hewan yang diawetkan di Asia.

       1.4  Kuil Shri Mariamman

kuil1kuil2kuil3

Kuil ini dibangun tahun 1881 oleh Giardwara Parbandajh pada saat orang-orang Tamil, India menetap di Medan. Kuil yang dibangun di dekat sungai ini tidak jauh berbeda dengan kuil-kuil pemujaan yang berada di India. Nama dari kuil ini adalah kuil Shri Mariamman yang diperuntukkan bagi kaum Hindu setempat di desa Keling, Medan. Adapun macam-macam patung yang ada di dalam kuil ini adalah dewa Brahma, Siwa, Wisnu, Ganesha, dewi Kali dll. Sungguh tempat sakral yang menakjubkan, tak perlu jauh-jauh ke India. Di kawasan desa Keling, kecamatan Petisah, Medan anda bisa menyaksikan sendiri kuil Shri Mariamman dan wanita-wanita India yang masih memakai sari.

      1.5        Masjid Bengkok

bengkok2

Salah satu masjid tertua di kota Medan yang sampai saat ini masih berdiri adalah Masjid Bengkok. Masjid yang berada di Jl. Masjid . Keistimewaan lain adalah masjid ini bergaya arsitektur Tionghoa dan Melayu, baik interior maupun eksteriornya, karena memang masjid ini didirikan oleh salah satu tokoh Tionghoa yang terkenal dan kaya di Medan. Beliau adalah Tjong A Fie.

     1.6        Gereja Grha Maria Annai Velangkanni

vel1vel2vel6vel5

vel4vel3

Gereja ini terletak di Kecamatan Tuntungan, Kelurahan Tanjung Selamat, di Jalan Sakura III, dekat Perumahan Taman Sakura Indah. Dilihat sepintas, bangunan gereja ini tidak mirip dengan gereja, justru mirip dengan kuil yang ada di India. Pada dinding-dinding gereja, terdapat relief-relief yang menceritakan peristiwa penyaliban Yesus Kristus. Bangunan ini terdiri dari dua tingkat, tingkat pertama adalah aula, tempat untuk beribadah, dan di tingkat kedua, terdapat patung Annai Velangkanni dan puteranya, yang didatangkan langsung dari India.  Tepat di bawah telapak kaki Bunda Maria, muncul sebuah mata air (Holy water). Air ini dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit. 

          1.7    Masjid Raya Al-Mashun

raya1raya2

Terlihat dari luar bangunan utama masjid berbentuk persegi dengan persegi-persegi kecil di setiap sudutnya. Bangunan masjid raya Medan ini sungguh menakjubkan, dibangun dengan bentuk simteris segi delapan. masjid Al-Mashun memiliki lima bagian utama yaitu ruang utama, tempat wudhu,menara, dan gerbang masuk. Berada di Jl. Sisingamangaraja.

          1.8    Maha Vihara Adhi Maitreya

maha1maha2

Sebuah tempat peribadatan yang elok, tenang, anggun serta asri itulah yang dapat digambarkan jika Anda berkunjung ke Maha Vihara Adhi Maitreya. Tempat beribadah agama Buddha ini memang sangat menakjubkan, bahkan merupakan yang terbesar di Indonesia. Kemegahannya membuat seolah-olah kita berada di negeri Tirai Bambu. Maha Vihara Adhi Maitreya memiliki lahan seluas 4.5 hektar dan dibangun pada tahun 1991. Lahan yang ditempati berada di komplek perumahan cemara asri , Jl. Boulevard Utara No. 99-5, Medan. 

          1.9    Masjid Al Osmani

osmaniMasjid Al Osmani yang juga disebut Masjid Raya Labuhan ini dibangun pada tahun 1854. Pembangunan masjid ini digagas oleh Sultan Deli VII Osman Perkasa Alam, seorang Sultan yang sangat dihormati oleh rakyatnya pada masanya. Masjid ini terletak di jalan K.L. Yos Sudarso Kel. Pekan Labuhan sekitar 20 kilometer sebelah utara Kota Medan.

          1.10  Gereja Lama

gerejalama1gerejalama2

Gereja Lama Medan atau Gereja Immanuel merupakan gereja tertua di Medan. Gereja ini dibangun pada tahun 1921. Dahulu, gereja ini diberi nama Indische Kerk atau Staatskerk, tempat peribadatan bagi komunitas warga negara Belanda  penganut agama Kristen Protestan, ketika  kota Medan masih dibawah pengawasan pemerintahaan Hindia Belanda. Gereja ini memiliki keunikan lain yang terdapat  pada bagian menara berupa jam dan sebuah lonceng buatan Belanda tahun 1922. Pada masa lalu, bila jarum panjang berada diposisi angka dua belas, bandul pada lonceng ini langsung berdentang secara otomatis, memecah keheningan kota Medan hingga sejauh 3 kilometer. Sayangnya, kini jam ini tidak dapat lagi berdenting karena sulit untuk memperbaikinya akibat suku cadang jam yang tidak lagi ditemukan. Jika Anda penasaran dengan keberadaan Gereja Immanuel ini, langsung saja menuju ke Jalan Diponegoro, Medan. Sebagai tempat peribadatan, tidak diberlakukan biaya apapun untuk masuk ke gereja ini. Bila Anda ingin masuk dan melihat interior dari bangunan ini, gereja dibuka pada hari Minggu. Bila Anda umat Kristiani dan mau sekaligus melaksanakan kebaktian hari Minggu, jadwal kebaktiannya adalah: Pukul 08.00, pukul 10.00, dan pukul 17.00 WIB.

          1.11   Vihara Gunung Timur

gunungtimurKeheningan Vihara Gunung Timur mengingatkan sekilas tentang atmosfer biara/vihara Shaolin, provinsi Henan China. Sungguh terasa berada di Tiongkok. Vihara ini berada di Jl. Hang Tuah 16, Medan. Lilin-lilin terpasang menyala begitu saja di bagian dalam vihara, pencahayaan yang tidak begitu terang selalu menjaga tempat ini tetap hening setiap harinya. Tiang-tiang penyangga dekat pintu masuk kelihatan antik dan kokoh. Di setiap tiang tersebut terpahat huruf-huruf China berwarna keemasan. Perbedaan tak tampak mencolok dari vihara-vihara lain di Medan.

          1.12  Museum Sumatera Utara

museumsumutMuseum ini terletak di Jl. H.M. Joni No. 15, Medan.

          1.13  Museum Perjuangan ‘45 TNI Medan

tni1tni2

Museum Perjuangan ‘45 TNI memamerkan kisah perjuangan tentara beserta peralatan perangnya. Museum ini terletak di Jln. Zainul Arifin No. 8 Kelurahan Petisah, Kecamatan Petisah, Kota Medan.

             1.14  Danau Siombak

siombakDanau Siombak adalah salah satu obyek wisata yang cukup baru di Medan. Danau Siombak merupakan danau buatan, meskipun begitu danau ini sangat indah dan memang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Danau Siombak sendiri sebenarnya merupakan genangan rawa pada awalnya, namun Pemerintah Kota Medan menyulapnya menjadi sebuah tempat wisata indah. Lokasinya di kecamatan medan marelan, tepatnya di Jl. Pasar Nippon Marelan, Medan. Beberapa Fasilitas yang ada di taman Wisata Danau Siombak antara lain :Restoran, Food Court, Pusat Jajanan dan Tanaman Hias, Kolam Renang, Komidi Putar, Cartoon Train, Batterai Car, Flying Fox Dewasa dan Anak-anak, permainan Out Bound, Koleksi Satwa dan Pertunjukan Satwa, Kolam Pancing dengan berbagai jenis ikan. Berbagai wahana air seperti Speed Boat, perahu motor, sepeda air, perahu dayung, bumper boat, paddle boat, dan sebagainya.
 

        2.  WISATA DI KABUPATEN DELI SERDANG

2.1    Pemandian Air Panas Alami Desa Penen

2.1.a2.1.b

2.1.c

Pemandian air panas Penen terletak di Desa Penen, Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang.

        2.2    Sungai Dua Rasa Negeri Suah

2.2Lau Jabi atau Sungai Beringin memiliki keunikan berbeda dari sungai lainnya. Sungai yang terletak di Dusun Dua Desa Negeri Suah, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang memiliki dua rasa atau dua suhu, yakni panas dan dingin.

        2.3    Lau Mentar Canyon

2.3.a2.3.b

Lau Mentar Canyon terletak di Desa Rumah Liang, kecamatan STM Hulu kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Lau Mentar Canyon memberikan keindahan Alam yang sangat memukau, disana anda bisa menikmati Aliran sungai yang jernih berwarna kehijauan, Air Terjun dan Goa.

        2.4    Hill Park Sibolangit / Green Hill City

2.4.a2.4.b

Berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang, Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai banyak jenis permainan. Mirip dengan Dufan di Jakarta, Hillpark Sibolangit adalah salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar. Sesuai dengan namanya, Hillpark Sibolangit berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang lumayan sejuk.
       2.5    Danau Linting

2.5.a2.5.b

Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena Danau Linting yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Danau Linting terletak di Kawasan desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

        2.6    Air Terjun Telaga Dwi Warna

2.6.a2.6.b

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit mempunyai keunikan tersendiri apabila dibandingkan air terjun lainnya, yaitu memiliki 2 warna. Dengan ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini mempunyai warna putih keabuan dan biru muda karena kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya.

         2.7   Air Terjun Tanjung Raja

2.7.a2.7.b

Lokasi ini secara administratif berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

2.8        Air Terjun Tarunggang 

2.8Air Terjun Tarunggang memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter. Air terjun ini nampak sangat eksotis dimana terdapat sebuah goa dibalik jatuhnya air terjun tersebut. Air terjun ini terletak di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

          2.9    Sampuren Edelweiss, Air Terjun Si Kembar

2.9.a2.9.b

Air Terjun Edelweiss terkenal dengan sebutan Air Terjun Si Kembar. Air terjun ini berada di Desa Deleng Gerat, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

2.10  Goa Kemang, Rumah Jin

2.10.a2.10.b

Sebuah situs budaya yang terdapat di Kampung Durintani, desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dipercaya sebagai tempat tinggal jin. Bentuk goa berupa bongkahan batu berbentuk segitiga atau kerucut yang mempunyai pintu/lobang kecil berukuran 50×50 cm dan ruangan di dalamnya sekitar 3×2 meter dengan tinggi 60 cm.

          2.11  Pulau Siba

2.11.aSiba terletak 10 kilometer dari bibir teluk Pelabuhan Belawan. Pulau Siba termasuk ke dalam perairan Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang. Untuk mencapai lokasi pulau ini, Anda bisa menumpang speed boat dari Pelabuhan Belawan. Perjalanan ke sana menempuh watu sekitar 15 menit.

          2.12  Sungai Sembahe

2.12.a2.12.b

Sungai ini juga merupakan sungai yang vital di Kecamatan Sibolangit karena merupakan sumber air bagi warga sekitar dan sering dimanfaatkan untuk kebutuhan air sehari-hari. Sungai Sembahe juga cocok untuk bersantai, dengan duduk di bebatuan besar atau di pinggir sungai dan menikmati pemandangan arus air dan mendengarkan suaranya, dapat menghilangkan penat, capek, dan menenangkan pikiran, sehingga anda bersemangat kembali untuk menjalani rutinitas anda sehari-hari.

        2.13          Sampuran Putih / Air Terjun Putih

2.13Sampuran Putih atau Air Terjun Putih adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 3 m. Air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dimana hanya satu tingkatan saja yang dapat terlihat, sisanya tertutup oleh bebatuan. Pada tingkatan yang terakhir, sebelum jatuh ke tanah, air terjun ini seperti keluar dari mulut goa yang berdiameter 10 m. Saat jatuh, terjunan airnya membentuk buih berwarna putih. Lokasinya di Desa Cinta Rakyat/ Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara.

 

               3.   WISATA DI KABUPATEN LANGKAT

3.1   Pelaruga Jungle Tracking

 3.1.a3.1.b 
3.1.c3.1.d
3.1.e3.1.f
3.1.g3.1.h
3.1.i3.1.j
PELARUGA ( Pemandu alam rumah galuh ) yang berlokasi di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat menyimpan segudang cerita keindaham alam langkat. Bagi kamu yang hobi wisata alam, tempat ini wajib kamu kunjungi. Treking yang menguras energy akan dibayar dengan keindahan eksotismenya.  Disana ada 3 objek terbaik, yaitu: Air terjun tongkat, sungai abadi, dan air terjun teroh-teroh.

 3.2   Goa Kalong

3.2

Sejarah dari nama goa kalong diambil dari fenomena dari lokasi wisata itu sendiri, banyaknya jumlah kalong atau kelelawar yang bermukim di goa tersebut menjadi latar belakang nama tempatnya.

3.3   Pantai Kuala Serapuh

3.3

Pantai Kuala Serapuh terletak di Kecamatan Tanjung Pura, juga berada di pesisir Perairan Selat Malaka. Objek wisata ini memiliki pesona alam yang indah dengan pantai pasir putih yang landai yang luasnya ± 6 hektar.

          3.4    Air Terjun Jodoh Semelir

3.4

Air Terjun Jodoh Semelir adalah salah satu keajaiban Taman Nasional Gunung Leuser(TNGL). Untuk masuk ke Ekowisata ini kita menuju TNGL sektor Bekancan, yaitu di dusun Pamah Semelir, Langkat,Sumatera Utara.

        3.5    Rafting di Langkat

3.5.13.5.2

Arung jeram yang merupakan kegiatan berbahaya  , tetapi untuk kawasan sungai Wampu melalui  rute muara Sungai  Ketuken Desa Kapras  sebagai titik awal, hingga pantai  Pamah Durian Desa Marike Kecamatan Kuta Mbaru, Langkat dengan masa tempuh berkisar dua
sampai tiga jam. Sedangkan tingkat kesulitan pengharungan (grade) II dan III plus, sehingga cukup aman untuk keluarga dan pemula.
Penggemar  rafting dari Medan  sekitarnya yang dipandu Rapid plus, kerap menyelenggarakan rafting disini, tetapi dalam tahun 2004, kegiatan tersebut ditiadakan karena terjadinya banjir bandang di Bukit Lawang.  Sekarang rafting di Sungai Wampu kembali digalakkan dan mulai dikenal sebagai arena  petualangan yang santai, enjoy bersama keluarga.

        3.6    Air Terjun Lau Berte

3.6

Lokasi Air Terjun ini terletak di Sungai Bingai. Sekitar 10 km di sebelah utara Pekan Namu Ukur atau sekitar 28 km dari kota Binjai. Selain menikmati indahnya air terjun, pengunjungnya dapat menikmati panorama yang cukup indah.

        3.7    Pantai Berawe

3.7.13.7.2

Pantai Berawe, terletak di Pulau kampai Kecamatan Pangkalan Susu. Hamparan pasir putih yang menghadap ke Selat Malaka ini cukup indah dan nyaman untuk kegiatan wisata bahari.

        3.8    Kampung Bali

3.8

Ketika keinginan untuk mengunjungi Bali muncul dihati, anda tidak perlu harus pergi kesana, karena di Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat anda dapat menikmati peri kehidupan masyarakat Bali dengan segala daya tarik dan keunikannya yang tersendiri. Ada beberapa Pura seperti Purea Alit Widhie Nata dan Pura panitaan Agung Jagat Widhi Nata yang sehari-harinya digunakan untuk kegiatan keagamaan Hindu Bali. Kampung Bali yang dihuni sekitar 60 KK ini hidup dalam tatanan adapt dan agama yang begitu kental.

3.9    Gua dan air Terjun Marike

3.9

Gua dan air Terjun Marike ini terletak sekitar 3 km sebelah timur Pekan Marike Kecamatan Salapian. Dan dari kota Medan berjarak sekitar 74 km dan dari ibu kota Binjai sekitar 52 km dengan lama perjalanan 2 jam dari Medan dan 1 jam dari Binjai. Daerah ini masih alami, dengan beberapa gua disekitarnya dan air terjun dengan ketinggian 12 m. salah satu gua yang ada di lokasi ini memiliki panjang 60 m yang tembus kemulut gua yang lain dan merupakan jalan pintas. Keadaan gua itu sangat gelap. Sehingga untuk melaluinya harus menggunakan alat penerang atau senter.

        3.10  Pemandian Pantai Biru

3.10

Objek wisata ini terletak di Desa Pamah Tambunan sekitar 8 km dari ibukota Kecamatan Salapian atau 50 km dari kota Binjai. Tempat rekreasi ini disebut dengan Pemandian Pantai Biru karena aliran sungai yang jernih dan sejuk serta berwarna kebiru-biruan yang membuat bebatuan yang ada di dasar sungai tampak jelas.

        3.11  Gua Batu Rizal

3.11

Lokasi gua ini terdapat di sepanjang lereng Bukit Barisan Hulu Kecamatan bahorok. Daerah ini masih alami dan belum ada terjadi perambahan hutan pengolahan. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang terdapat di tepi lereng bukit.

        3.12  Tangkahan

3.12.a3.12.b3.12.c3.12.d

Datang dan rasakan petualangan liar di hutan ini. Perjalanan melalui rute yang menantang seperti mendaki trek berlumpur  untuk sampai ke tempat satwa eksotis yang membuat taman ini rumahnya. Anda juga bisa trekking dengan gajah di mana Anda dapat menjelajahi hutan di punggung gajah. Luar biasa bukan. Berenang di sungai yang airnya jernih dan masih murni. Anda juga bisa mendapatkan pengalaman unik yaitu melihat gajah hutan mandi, memandikan gajah dan berkunjung ke kamp gajah, dapat ditempuh selama 15 – 20 menit dengan berjalan kaki dari Tangkahan.

        3.13  Bukit Lawang

3.13.a3.13.b

Bukit Lawang adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk menemukan primata langka dan hampir punah. Melihat makhluk anggun berayun-ayun melalui ranting-ranting pohon. Hutan ini adalah salah satu komunitas terbesar orangutan,  lebih dari 5000 orangutan tinggal di sini. Treking di malam hari adalah favorit para pengunjung. Kebanyakan pengunjung memilih perjalanan dua hari untuk dapat memiliki kesempatan melihat orangutan dan satwa liar lainnya di habitat alami mereka. Disana juga terdapat pusat rehabilitasi orangutan. Petualangan ini berbahaya bagi wisatawan yang sendirian melakukan treking di hutan sehingga setiap perjalanan harus dibimbing oleh seorang pemandu yang berpengalaman.

          4.   WISATA DI TANAH KARO

4.1    Sampuran Sikulikap

4.1

Terletak di Desa Doulu, Kecamatan Brastagi, Kabupaten Karo, Air Terjun Sikulikap mempunyai ketinggian jatuh 30 m. Sumber air terjun in iberasal dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan. Hutannya merupakan Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Taman Nasional Gunung Leuser.yang berada dalam Kawasan Taman Wisata Lau Debuk Tanah Karo.

          4.2    Taman Alam Lumbini

4.2.a

4.2.b4.2.c

4.2.d4.2.e

Yang paling menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang ke Taman Alam Lumbini adalah keberadaan replika Pagoda Shwedagon yang berada di Myanmar. Pagoda yang terdapat di Taman Alam Lumbini ini merupakan replika tertinggi kedua yang berada di luar Myanmar, dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia sehingga meraih rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) dengan kategori Pagoda Tertinggi di Indonesia. Pagoda ini telah dibuka untuk umum sejak 2010. Pagoda Taman Alam Lumbini berlokasi di Desa Tongkoh, Berastagi, Sumatera Utara.

        4.3    Mikie Holiday Funland

4.3.a4.3.b

4.3.c4.3.e4.3.d

Mikie Holiday mirip dengan hill park sibolangit, menawarkan rekreasi dalam dan luar ruangan, fasilitas games untuk anak dan dewasa, termasuk go-kart, bumper boat, flying fox, sky rider, hello kiddies, Buzz Coaster, video arcade, bumper cars, fun ‘n jump, twister dan lainnya. Tidak kalah menarik dengan Dunia Fantasi Ancol Jakarta.

4.4    Bukit Gundaling

4.4.34.4.4

4.4.24.4.1
Lokasi bukit ini terletak di Kecamatan Berastagi, dapat ditempuh sekitar dua jam dari kota Medan. Bukit ini memiliki ketinggian 1575 di atas permukaan laut. Dari atas Bukit Gundaling, pemandangan pegunungan yang mengapit kota Berastagi dapat dilihat. Terdapat dua buah gunung aktif yang mengapit kota Berastagi, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Kita bisa menyewa kuda atau sado sambil melihat panorama kedua gunung tersebut.

        4.5    Berastagi

4.5.a4.5.b

Brastagi terkenal dengan bunga dan buah-buahannya dan pasarnya selalu ramai dengan aktivitas jual beli. Buah-buahan yang paling terkenal antara lain markisa dan jeruknya yang manis. Di sini Anda akan melihat kehidupan masyarakat Karo tradisional dan bahkan Anda akan menjumpai pedagang sepatu bekas. Pemandangan di sini didominasi oleh gunung berapi Sinabung dan Gunung Sibayak.

        4.6    Danau Lau Kawar

4.6

Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dengan airnya yang berwarna biru, Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar, lebih kecil dari Danau Toba.

4.7        Taman Simalem Resort

4.7.a4.7.b4.7.c4.7.d

Simalem seringkali disebut sebagai kawasan ekowisata karena menggabungkan konsep pertanian (agrowisata) dengan kegiatan yang berhubungan dengan alam dalam 1 kawasan terpadu. Taman Simalem Resort ada di kawasan bukit Merek, kabupaten Tanah Karo.

          4.8    Lau Debuk Debuk

4,8,a4.8.b

4.8.c4.8.d

Ketika para wisatawan berwisata ke Berastagi, biasanya kunjungan ke Lau Debuk Debuk menjadi agenda wajib dalam rangkaian wisata mereka. Objek wisata yang terletak di kaki Gunung Sibayak ini berjarak kurang lebih 10 km dari Berastagi, atau sekitar 58 km ke arah selatan kota Medan, berlokasi di ketinggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut. Secara administratif, Taman Wisata Alam Lau Debuk Debuk terletak di Desa Doulu, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Tanah Karo. Sumber air panas di kawasan ini muncul dari retakan yang terbentuk akibat aliran lava di daerah selatan lereng gunung api Sibayak. Banyak orang mempercayai bahwa kandungan belerang di dalam air panas ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. 

        4.9    Air Terjun Sipiso-piso

4.9

Air Terjun Sipiso-piso terletak dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata piso berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.
 

    5.   WISATA DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

          5.1    Pantai Cermin

5.1.a5.1.b

5.1.c5.1.d

Disana terdapat beberapa pantai antara lain:
  1. Pantai 88
  2. Pantai Gudang Garam
  3. Pantai Cermin Theme Park
  4. Pantai Pondok Permai
  5. Pantai Indah Lestari
Dari kelima pantai yang disebutkan diatas hanya Pantai cermin theme park yang paling bagus, karena selain biayanya yang bagus/mahal, disana tersedia banyak fasilitas dan wahana rekreasi seperti: seluncuran air, kolam berombak (lazy pool) dan kolam renang, jet ski, banana boat, speed boat, fishing boat, mini zoo, water castle, pet shop, bird park, restoran, dll. Sementara di pantai lainnya hanya tersedia sewa ban, banana boat, speed boat, dan sewa pondok. Namun sebenarnya letak dan nama pantai tersebut sama saja merupakan pantai cermin.

5.2    Pulau Berhala

5.2.a5.2.b

5.2.c

Terletak di salah satu pulau terluar di Indonesia, tepatnya di Kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
     

6. WISATA DI KABUPATEN SIMALUNGUN

6.1    Patung Dewi Kwan Im

6.1.a6.1.b

Patung setinggi 22,8 meter ini didirikan di Vihara Avalokitesvara yang berlokasi di pusat kota Pematang Siantar, tepatnya di Jalan Siposo-poso. Nama vihara ini merupakan sebutan Dewi Kwan Im yang berarti mendengar suara dunia. Patung yang diimpor langsung dari China ini dibangun selama hampir 3 tahun, dan kemudian diresmikan pada tanggal 15 November 2005. Namun hingga kini pembangunan vihara ini masih diteruskan untuk menyempurnakan tempat ibadah umat Buddha ini.

          6.2    Kebun Teh Sidamanik

6.2.a6.2.b

6.2.c6.2.d

6.2.e

Ada tiga perkebunan teh di kawasan Sidamanik ini, yaitu Kebun Teh Toba Sari, Sidamanik, dan Bah Butong. secara administratif, tiga perkebunan tersebut masuk ke dalam dua kecamatan yang berbeda, yaitu Kecamatan Sidamanik dan Kecamatan Pematang Sidamanik, tepatnya di Kabupaten Simalungun. Perkebunan teh ini memiliki luas sekitar 8.373 hektar dan merupakan kebun teh hitam terbesar kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

        6.3    Sungai Lobang Kerasaan

6.3.a6.3.b

6.3.c

Sungai Lobang Kerasaan Simalungun merupakan sebuah objek wisata lokal yang ada di kecamatan Pematang Bandar Kabupaten Simalungun.

        6.4    Air Terjun Tarak Ni Onggang 

6.4.a6.4.b

Sampuran Tarak Ni Onggang (Air Terjun) yang mempunyai ketinggian ± 50 M. Terletak di Desa Dalig Raya, Kecamatan Raya 50 Km dari Pematangsiantar

        6.5    Air Terjun Sipitu Tikka

6.5

Air terjun sipitu tikka berada di desa Buntu turunan, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun. Sipitu tikka artinya tujuh tingkatan, sesuai namanya, air terjun ini bergemuruh melewati 7 tingkatan

          6.6    Air Terjun Bah Biak 

 6.6.a6.6.b
Air terjun ini berada di PTPN Perkebunan Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun.

        6.7    Aek Manik Sidamanik

6.7.a6.7.b

Pemandian Aek Manik berada di area perkebunan The PTPN Sidamanik yang terletak di kecamatan Sidamanik, kota Pematang Siantar, Propinsi Sumatera Utara. Dilihat dari lokasinya saja, tempat ini sudah berada di tempat yang pas sehingga menjadi perpaduan sempurna antara kesejukan air pemandian dengan udara yang ada di sekitarnya.

        6.8    Simarjarunjung

6.8.26.8.3

Simarjarunjung sendiri adalah sebuah bukit yang merupakan bagian dari gugusan pegunungan Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Berada di atas Bukit Simarjarunjung, Anda akan merasakan kesejukan udara yang cukup dingin menerpa kulit Anda. Sepanjang jalan akan terhampar panorama danau toba yang indah memukau.

        6.9    Tanjung Unta

6.9.a6.9.b

Tanjung Unta yang terletak di tepi Danau Toba dengan bentuk seekor Unta yang sedang beristirahat memiliki teluk yang indah dengan panorama alam yang mengagumkan . Tanjung Unta sebagai beyond Parapat terletak 61 Km dari Pematangsiantar.

        6.10  Rumah Bolon

6.10

Rumah Bolon Pematang Purba terletak 54 Km dari Pematangsiantar, merupakan Istana Peninggalan Kerajaan Purba. Rumah Bolon Purba dibangun pada tahun 1864 oleh Raja Purba ke XII Tuan Rahalim. Rumah Bolon Purba terbuat dari kayu keras dengan dinding papan yang unik serta ditopang oleh 20 tiang penyangga. 

        6.11  Tinggi Raja

6.11.a6.11.b

Kawah Putih Tinggi Raja terletak di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tinggi Raja merupakan objek wisata cagar alam yang masih asli seluas 176 hektar, memilki sumber air panas berasal dari bukit bukit kecil di daerah itu. Air panas ini mengalir ke sungai Bah Balakbak yang bebatuan dan airnya yang jernih dan sejuk. Di sini dapat dinikmati rekreasi mandi di pertemuan air panas dan air dingin yang sangat nikmat sebagai hasil proses alam. Wisata lain yang dapat dinikmati adalah berburu suara burung, memancing di Bah Kare yang memiliki kekeyaan ikan jagung serta lintas alam. Terletak 80 km dari Pematangsiantar.

        6.12  Haranggaol

6.12.a6.12.b

Haranggaol yang terletak 40 Km dari Parapat berada di tepi Danau Toba. Alamnya yang asri dan masih perawan sangat menarik hati. Saat ini Haranggaol lebih terkenal dengan hasil ikan air tawarnya dibanding dengan daya tarik wisatanya.

        6.13  Karang Anyar

6.13.a6.13.b

Karang Anyar mungkin belum begitu sering dibicarakan, tapi bagi warga Siantar dan Simalungun, pemandian alam ini sudah menjadi satu tujuan wisata wajib. Di sini mereka dapat menikmati keindahan dan kesegaran air dari   alam yang betul-betul  bebas                polusi.
Lokasi wisata ini mengalir di areal Perkebunan Laras PTPN IV Bah Jambi yang berjarak sekitar 15 km dari Pematangsiantar. 

        6.14  Tigaras

 6.14.a6.14.b
Tigaras adalah salah satu objek wisata yang menjadi salah satu pilihan di Kabupaten Simalungun. Tigaras terletak di Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, dengan jarak 48 Km dari Kota Pematangsiantar. Dari Tigaras dapat kita nikmati pemandangan Danau Toba dari sudut yang berbeda.

        6.15  Parapat Danau Toba

6.15.a6.15.b

6.15.c

Parapat Danau Toba, terletak di tepi Danau Toba dengan jarak 76 Km dari Medan. Beriklim tropis dengan udaranya yang sejuk merupakan salah satu daerah tujuan wisata utama di Sumatera Utara dan Kota Parapat sebagai pusat kegiatan setiap diadakan acara penting Pariwisata seperti Pesta Danau Toba.

        6.16  Air Terjun Situmurun

6.16

Air Terjun Situmurun yang begitu menawan pesonanya, kebanyakan penduduk setempat menyebut Air Terjun Situmurun sebagai air terjun Binangalom, karena sumber airnya memang berasal dari sungai di Desa Binangalom, Kecamatan Lumban Julu, Kota Parapat, Sumatera Utara. Kata Binangalom itu berasal dari nama sebuah sungai.

7. WISATA DI KABUPATEN DAIRI

        7.1    Taman Wisata Iman

7.1.i7.1.a7.1.b7.1.e 
7.1.f7.1.g 
7.1.k7.1.j
7.1.d7.1.h7.1.c
Taman Wisata Iman Dairi terletak di Bukit Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Wisata religi yang memiliki empat gerbang pilar akan menyambut anda begitu memasuki areal TWI Dairi. Kita akan melihat susunan miniatur religius Buddha, Kristen, Katolik, Islam dan seakan menegaskan symbol Bhinneka Tunggal Ika. Disana wisatawan bisa beribadah sekaligus menikmati keindahan arsitektur dan keindahan alam.

        7.2    Tao Silalahi

7.2

Danau Silalahi terletak di Desa Silalahi, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, merupakan pinggiran Danau Toba yang lebih sering disebut dengan Tao Silalahi (Danau Silalahi). Danau ini menyimpan keindahan dan eksotisme yang luar biasa. Hamparan pantai yang indah, tata pepohonan yang sangat alami ditambah cerita khas Legenda Batak yang tersimpan di setiap desa semakin menambah eksotisme tempat ini. Hamparan pantai indah yang terbentang di sepanjang sisi pantai Danau Silalahi diperkirakan mencapai 28 Km. Dan belum lama ini diketahui juga bahwa di Danau Silalahi terdapat palung terdalam di dunia dengan kedalaman 905 meter. Desa Silalahi persis berada ditepi Danau Toba dan wisatawan dapat menikmati Danau Toba pada lokasi ini antara lain : memancing, olahraga air, mandi-mandi/ berenang, berperahu, berselancar. Secara budaya desa ini diyakini sebagai asal muasal Marga Silalahi. Uniknya lagi bahwa pada bagian inilah merupakan perairan terdalam dari Danau Toba.

        7.3    Pantai Paropo

7.3

Pantai Paropo di Desa Paropo Kecamatan Silabisabungan, Kabupaten Dairi adalah salah satu sisi terindah danau Toba. Sayangnya, potensi ini belum digali optimal. Pengembangan ikan tawar model kerambah jaring apung dibiarkan berkembang tanpa kendali. Konsekwensinya, keunggulan tersebut menjadi semu.

          7.4    Taman Wisata Alam Sicike-Cike

7.4.a7.4.c 7.4.d7.4.b

Tiga Danau di TWA Sicike-cike yang terletak di Kabupaten Dairi adalah sebuah rawa dataran tinggi seluas 575 hektar. Secara administratif Taman Wisata Alam Sicikeh-cikeh termasuk Desa Pancar Nuli, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Propinsi Sumatera Utara. Keadaan vegetasi di TWA Sicike-cike merupakan hutan hujan tropis pegunungan dengan jenis-jenis tumbuhan antara lain : Samponus bunga (Dacrydium junghuhnii), Kemenyan (Styrax benzoin), Kecing (Quercus sp) dan Haundolok (Eugenia sp). Beberapa jenis satwa yang dapat dijumpai antara lain Beruang madu, Kambing hutan, Harimau, Babi hutan dan Rusa. Lokasi objek ekowisata Danau Sicike-cike berada pada wilayah Desa Bangun, Kecamatan Parbuluan, dengan jarak 18 km dari Sidikalang/ Ibukota Kabupaten, merupakan lokasi wisata dengan panorama keindahan hutan yang asri dan memiliki beraneka tumbuhan anggrek serta fauna berupa bebek hutan yang abadi hidup disana. Tanaman Anggrek yang banyak dijumpai disekitar danau Sicike-cike sangat potensial menjadi maskot objek wisata di kawasan ini.

        7.5    Air terjun Lae Pendaroh

7.5.a7.5.b

Sampuren Lae Pendaroh, sesuai namanya yang berarti air berdarah, warna airnya memang terkadang bewarna merah seperti darah. Air terjun ini berada di Taman Wisata Iman Sitinjo, Kab Dairi. Untuk menuju kesana mudah karena berada tepat di pinggir jalan raya lintas Provinsi yang menghubungkan kota Sidikalang dengan Berastagi dan Kota Medan.

        7.6    Tiga Lingga

7.6.a7.6.b

Lokasi objek ekowisata Panorama Indah disekitar Desa Silumboya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, dengan jarak 11 km dari Sidikalang, memiliki keunikan utama adalah berupa pemandangan alam yang indah. Wisatawan dapat melakukan camping dan wisata geologi/ vulkanik. Durian dan nenas merupakan komoditi yang paling terkenal disana.

        7.7    Puncak Sidiangkat

7.7.a7.7.b

Terletak di desa sidiangkat, Kabupaten Dairi. Hanya berjarak 8 Km dari ibu kota kabupaten. Nilai eksotisme dan naturalismenya menjadi keunggulan dari tempat ini.

     8.    WISATA DI KABUPATEN PAKPAK BARAT

8.1    Air terjun Lae Mbilulu

 8.1.a8.1.b 
8.1.c8.1.f
8.1.d8.1.e
Air Terjun Lae Mbilulu, terletak di desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Barat. Air terjun ini lebih sering dipanggil dengan air terjun kembar yang tingginya mencapai 12 meter dengan keindahan alamnya yang luar biasa dan memiliki kekayaan flora yang masih asri.

          8.2    Delleng Simpon

8.2.a8.2.b

Delleng dalam bahasa Pakpak artinya Gunung. Delleng Simpon adalah puncak gunung tertinggi yang ada di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat, tepatnya di desa Rumerah Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu dengan jarak sekitar 10 km dari kota Salak. Delleng Simpon Terletak di sebelah selatan yang merupakan pembatas antara Kabupaten Pakpak Bharat dengan Kabupaten Humbang Hasundutan.

        8.3    Air Terjun Lae Une

8.3.a8.3.b

Wisata ini terletak di Desa Kecupak Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat. Ditinjau dari segi alamnya, wisata air terjun Lae Une dengan ketinggian 10 meter ini cukup diperhitungkan keasriannya.

9.   WISATA DI KABUPATEN SAMOSIR

        9.1    Huta Siallagan

9.1

Huta Siallagan terletak di Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Perkampungan yang mirip benteng ini lokasinya berdekatan dengan Danau Toba dan cukup banyak dikunjungi wisatawan baik dari Nusantara maupun mancanegara. Luas Huta Siallagan sekira 2.400 m² dikelilingi tembok batu tersusun rapi setinggi 1,5 hingga 2 meter.

        9.2    Danau Aek Natonang

9.2.a9.2.b

Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Kalau Pulau Samosir dikatakan sebagai “pulau di atas pulau”, Danau Aek Natonang yang berada di Pulau Samosir ini bisa dikatakan sebagai “danau di atas danau” (di atas Danau Toba).

        9.3    Danau Sidihoni

9.3.a9.3.b

Danau Sidihoni terletak di Desa Sabungannihuta Kecamatan Ronggur ni Huta dan berjarak 8 kilometer dari Pangururan ibukota Kabupaten Samosir. Perjalanan dari Pangururan ke Danau Sidihoni melewati jalan menanjak dan sepanjang perjalanan mata dimanjakan oleh pemandangan yang sangat menakjubkan.

          9.4 Tunggal Panaluan

9.4.a9.4.b

Tunggal Panaluan adalah tongkat orang batak yang hanya dimiliki oleh raja-raja batak. Tunggal Panaluan Raja Batak yang konon sudah dibawa oleh orang Belanda ke negaranya sekarang sudah kembali ke Tanah Batak, tepatnya di museum Gereja Katolik Kabupaten Samosir. Tongkat Tunggal Panaluan oleh semua sub suku Batak diyakini memiliki kekuatan gaib untuk: meminta hujan, menahan hujan (manarang udan), menolak bala, Wabah, mengobati penyakit, mencari dan menangkap pencuri, membantu dalam peperangan dll. 

        9.5    Batu Cawan

9.5

Batu ini berbentuk cawan yang diameternya kira-kira 4 meter. Batu ini berada di salah satu sisi Pusuk Buhit. Batu ini berisi air yang tercurah dari atasnya. Bentuknya mirip telaga. Uniknya rasa air di batu itu, sangat masam, seperti perasan jeruk purut. Permukaannya air pun berminyak dan berwarna kuning kehijauan. Konon batu cawan adalah tempat mandi Raja Uti.

        9.6    Batu Hobon

9.6

Batu hobon adalah sebuah batu lubang yang tertutup, berbentuk peti. Lokasinya berada di kaki Pusuk Buhit. Konon di batu inilah pusaka-pusaka Si Raja Batak berada. Pusaka ini tidak diturunkan kepada anak-anaknya, karena adanya perselisihan di antara mereka.

        9.7    Batu Losung

9.7

Batu ini diciptakan oleh Raja Tatea Bulan, bapak Raja Uti. Batu Losung adalah tempat menumbuk padi yang sehari-harinya dikerjakan oleh Boru Sipasu Bolon, istri Oppung Raja Tatea Bulan, untuk makanan Raja Uti.
 

        9.8    Aek Sipitudai / Air Tujuh Rasa

9.8.a9.8.b

Aek Sipitu Dai terletak di desa Aek Sipitu Dai Kecamatan Sianjur Mulamula Samosir, atau sekitar 9 km dari kota Pangururan. Aek Sipitu Dai adalah tujuh buah pancuran yang masing-masing memiliki rasa yang berbeda-beda. Air yang mengalir di pancuran ini berasal dari 7 buah mata air yang bergabung didalam satu bak panjang namun ketika dialirkan ke tujuh pancuran rasanya kembali berbeda-beda mulai asam, pahit, manis, dan lainnya. Yang pasti, semua rasa mengandung rasa belerang.

9.9    Air Terjun Efrata

9.9.a9.9.b

Air Terjun Sampuran Efrata di Harian yang letaknya sekitar 18 km dari Kota Pangururan, berpotensi dijadikan sebagai kawasan wisata. Air terjun begitu indah, biasanya akan memancing adrenalin pegiat pendaki. Jalan berbatu-batu dan mendaki memiliki nilai eksotis.

        9.10  Air Panas Pintu Batu

9.10

    9.11     Pasir Putih

9.11.a9.11.b

Pasir putih Parbaba terhampar di pantai yang berada di tepian Samosir. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa memilih satu dari 3 rute yang tersedia. Rute pertama adalah Medan-Berastagi-Kabanjahe. Dari Tigaras Anda bisa menumpang fery atau kapal penumpang menuju ke Simanindo dan dilanjutkan ke Parbaba. Alternatif kedua bisa dicapai melalui Medan – Siantar. Dari parapat Anda bisa menyebrang ke Tomok Parbaba. Sedangkan yang terakhir, Anda bisa menempuh Medan – Berastagi – Kabanjahe – Sidikalang – Tele – Parbaba.

          9.12  Pulau Tao

9.12.b9.12.a

Untuk menuju ke Pulau Tao ini, Anda bisa menyeberang dengan menyewa kapal dari kota Simanindo di Pulau Samosir. Jarak yang ditempuh dari kota Simanindo menuju Pulau Tao sekitar 10 menit.  Di pulau ini terdapat penginapan semacam resort lengkap dengan restorannya. Sayangnya, karena tidak banyak pengunjung yang datang berwisata ke pulau ini, penginapan ini tidak digunakan lagi. Tinggal restorannya saja yang masih beroperasi, menggantungkan harapan kepada para wisatawan yang sudi singgah dan menikmati keindahan Danau Toba dari pulau tak berpenghuni ini. Sebagai pulau yang tidak berpenghuni ini, Pulau Tao menawarkan keheningan untuk sejenak keluar dari peradaban dan keramaian kota. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat ”pelarian”. Anda juga bisa merasakan sensasinya berada di pulau kecil tak berpenghuni ini, seolah-olah berada di negeri antah-berantah, atau seolah-olah terdampar seperti yang dialami Tom Hanks dalam filmnya yang berjudul “Cast Away”. 

          9.13           Tarian Sigale-gale

9.13.a9.13.b

Jika Anda mau menonton langsung pertunjukan tarian boneka kayu Sigale-gale ini, Anda bisa memesan langsung dengan bayaran tertentu. Namun, jika Anda beruntung, Anda dapat menumpang melihat pertunjukan ini dari pengunjung lain yang sudah memesannya. Terkadang, Anda akan dipungut tarif seikhlasnya. Anda juga dapat meminta kepada pengusaha pertunjukan untuk memainkan tarian Sigale-gale ini dengan diiringi musikal gondang Batak dengan delapan sampai sepuluh penari pengiringnya. Selain di Desa  Tomok, Anda juga dapat menonton pertunjukan tari Sigale-gale ini di Museum Hutabolon Simanindo.

        9.14 Makam Raja Sidabutar

9.14

Makam Raja Sidabutar berada di Tomok, Kabupaten Samosir. Makam ini berusia 500 tahun dan menjadi objek wisata yang terkenal di pulau Samosir.

          9.15  Bukit Beta

9.15.a9.15.b

Tempat terbaik untuk menunggu pagi di Pulau Samosir adalah di Bukit Beta. Padang rumput menghampar bagai permadani menghadap ke Danau Toba. Jika beruntung, cahaya matahari terbit akan menyempurnakan pagi di Bukit Beta,di Tuk Tuk, Pulau Samosir. 

        9.16 Air Terjun Simangande/Air Terjun Cinta

9.16.a9.16.b

9.16.c

Air terjun cinta, topografi bukit yang membentuk love sempurna dengan patokan garis tengan air terjun menjadikan air terjun ini bernama love waterfall. Air terjun ini terletak di Kecamatan Simanindo, tepatnya di daerah Tuktuk desa Garoga. 

 10.   WISATA DI TOBA SAMOSIR

        10.1  Museum Batak Balige

10.1.a10.1.b10.1.d10.1.e10.1.c

Museum ini berlokasi di Jalan Pagar Batu No. 88 Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, atau tepatnya di Komplek TB Silalahi Center, Desa Soposurung, Balige. Balige sendiri merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Toba Samosir.  Komplek TB Silalahi Center  berada di pinggiran Danau Toba sehingga menyuguhkan panorama yang memikat. Museum ini menjadi sebuah wahana budaya dimana Anda dapat menikmati sekira 1.000 koleksi artefak budaya Batak dan peninggalan sejarah dari 6 puak Batak, yaitu: Karo, Toba, Simalungun, Pakpak, Angkola, dan Mandailing. Keenam puak Batak tersebut secara sosial-kultural memiliki peran penting dalam memecahkan berbagai masalah yang terjadi di wilayah desanya. Di sini Anda juga dapat menyusuri catatan hidup Letjen (Purn). Dr. TB Silalahi.

        10.2  Air Terjun Sigura-gura

10.2

Berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, Air Terjun Sigura-gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 250 meter. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini, mereka menyempatkan diri berkunjung ke air terjun tertinggi di Indonesia ini bersamaan dengan mengunjungi Danau Toba. Selain wisatawan dalam negeri, Air Terjun Sigura-gura juga banyak mendapat pengunjung dari luar negeri.
 

 11.    WISATA DI KABUPATEN TAPANULI UTARA

        11.1  Salib Kasih

11.1.a11.1.b

Salib kasih adalah suatu monumen untuk mengenang dan mengabadikan semua pengorbanan dan jasa misionasir di tanah batak, khususnya DR.I.L Nomensen. Salib kasih dibangun pada bulan Oktober 1993 di Dolok Siatas Barita terletak di kecamatan Siatas Barita arah selatan kota Tarutung, Sumatera Utara. Salib Kasih setinggi kurang lebih 30-an meter yang terletak di Bukit Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, kini menjadi salah satu primadona baru tujuan wisatawan di Sumatera Utara. Lokasi wisata dengan latar belakang sejarah perkembangan agama Kristen di Sumatera Utara ini sangat potensial menarik wisatawan mancanegara, terutama wisatawan dari negara-negara terkait dengan pekabaran Injil di Tanah Batak, seperti Inggris, Jerman, Belanda, Amerika dan sebagainya. Pada malam hari salib ini akan memancarkan cahaya putih karena setiap sisinya memiliki lampu

        11.2  Pemandian Air Panas Sipoholon

11.2.b11.2.a

Air panas Sipoholon adalah salah satu tempat wisata pemandian air panas yang terletak tidak jauh dari kota Tarutung tepatnya di kelurahan Situmeang Habinsaran kec.Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara. Air panas ini memiliki dua mata air panas yang sama besar. Pemandian air panas ini merupakan lepasan dari Gunung Martimbang yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata. Tidak jauh dari sipoholon terdapat juga beberapa tempat pemandian air panas, yaitu: Air Panas di Hutabarat, Air Panas Saitnihuta, dan Air Panas Ugan.
 

        11.3  Air Soda Sirara Tarutung

11.3.a11.3.b

11.3.c

Air soda sirara, sebuah objek wisata di desa Parbubu Kabupaten Tapanuli Utara, satu-satunya air soda di Indonesia. Air soda hanya ditemukan di dua tempat saja di dunia ini, yaitu di Tarutung dan Venezuela.

        11.4  Panatapan Huta Ginjang

11.4.a11.4.b

Panatapan artinya memandang, jadi para pengunjung akan memandang alam danau toba dari tempat ini. Panorama Alam hutaginjang tersebut terletak di Kecamatan muara, Kabupaten Tapanuli Utara dengan ketinggian 1.550 dpl.

        11.5  Gua Natumandi

11.5

Salah satu Obyek wisata alam yang dimiliki Kabupaten Tapanuli Utara, Gua Natumandi , sampai saat ini masih kurang promosi dan terlantar. Obyek wisata alam Gua Natumandi terletak didesa Hutabarat Partali Kecamatan Tarutung, dan berada persis di pinggiran aliran aek ( sungai) Natumandi yang dahulu kala merupakan salah satu sungai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga desa yakni untuk mandi, mencuci,serta air minum.

          11.6  Pacuan Kuda Siborongborong

11.6.a11.6.b

Pacuan kuda yang biasa di lakukan di lapangan pacuan kuda, desa silaitlait, Kecamatan siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara ini, boleh dikatakan selalu sukses dalam setiap pelaksanaannya. Event ini biasanya diadakan di hari-hari besar saja sehingga banyak orang yang antusias dan berbondong-bondong datang ke tempat ini.

      12.   WISATA DI KABUPATEN TAPANULI TENGAH

        12.1  Pulau Mursala

12.1

Bagi yang gemar memancing, di sinilah surganya. Para petualang pun bisa membawa peralatan kemah dan membangun tenda di pesisir pulau ini. Rasakan tenangnya bermalam di pinggir pantai sambil ditemani suara desiran ombak. Di pulau ini ada beberapa tempat menarik untuk disambangi, seperti Batu Garuda, berupa batu yang menjorok berbentuk burung di ketinggian 70 m di pantai curam Pulau Silabu Na Menek, gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang, dan Bonsai Pinang Merah alam di atas bebatuan curam sekitar Pulau Silabu Na Menek.

        12.2  Pantai Pandan

12.212.3.a

Pantai Pandan merupakan destinasi indah dengan air biru jernih dan pepohonan rindang. Pasirnya pun sangat halus, mengelilingi pantai dengan telanjang kaki bisa dijadikan opsi menarik. Saat kunjungan sedang ramai, sesekali akan terlihat rombongan bersepeda mengitari pantai. Pantai Pandan aman untuk anak-anak karena ombaknya tidak terlalu besar, mereka dapat berenang atau sekadar bermain air di sini. Jika ingin bersantai menikmati suasana angin sepoi maka sewalah tikar ataupun gazebo. 

        12.3  Pantai binasi sorkam

12.3.b

Terletak di Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah.

        12.4  Pulau Putri

12.4

Akses ke Pulau Putri sama saja seperti ke Pulau Mursala. Hanya saja sedikit lebih dekat. Dari pelabuhan Kota Sibolga sebagai titik terdekat, memakan waktu sekitar satu jam.

        12.5  Pantai Kade Tigo

12.5

Pantai Kade Tigo terletak di Kecamatan Barus.

          12.6  Barus

12.6.a12.6.b

 Didukung kekayaan sejarah, alam yang subur dan keramahan penduduk lokal, pecinta sejarah dan para arkeologi Islam akan menemukan surganya di sini. Banyak hal yang bisa dinikmati dan diteliti. Berpetualang dari satu situs ke situs lain akan memperkaya wawasan Anda.

        12.7  Pantai Batu Gerigis

12.7

Pantai Batu Gerigis terletak di Kecamatan Barus.

        12.8  Pantai Sitiristiris

12.8Pantai Sitiristiris terletak di Kecamatan Andam Dewi

 

  13.   WISATA DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

        13.1  Air Terjun Siondop

13.1

Air Terjun Siondop berada di desa Pardomuan, Kecamatan Siais, Kabupaten Tapanuli Selatan.

        13.2  Air Terjun Sitimbulan

13.2.b13.2.a

Air Terjun Sitimbulan berada di desa Bonan Dolok, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan.

        13.3  Tor Simago-mago

13.3.a13.3.b

Tor atau bukit simago-mago ini berada di kecamatan Sipirok, bukit Simago-mago ini berhadap-hadapan dengan gunung sibual-buali tidak jauh dengan Tor Sibohi Hotel. Tor simago-mago merupakan objek wisata alam perbukitan dimana kita bisa memandangi indahnya panorama alam sipirok dari puncak Simago-mago.

        13.4  Pantai Muara Upu 

13.4.a13.4.b

Pantai ini merupakan satu-satunya wilayah laut yang dimiliki kabupaten Tapanuli Selatan terdapat sepanjang 35 km yang terdapat di desa Muara Upu, kecamatan Muara Batang Toru. . Muara Upu merupakan satu-satunya desa di Kabupaten Tapanuli Selatan terletak di pesisir pantai Barat berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

        13.5  Benteng Huraba

13.5.a13.5.b

Benteng Huraba adalah sebuah benteng pertahanan di saat pasukan Brimob melakukan pertempuran melawan penjajahan Belanda. Benteng Huraba berlokasi di desa Pintupadang yang berbatasan dengan desa Huraba Kabupaten Tapanuli Selatan.

        13.6  Aek Milas

13.6

Pemandian Air Panas ada tiga lokasi di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, yakni Pemandian Aek Milas Sosopan, Pemandian Aek Milas Parandolok dan Pemandian Aek Milas Parausorat, ketiga pemandian ini haya dilengkapi kolam kecil yang rata-rata berukuran tidak lebih dari 100 meter persegi.

        13.7  Air Terjun Ganda

13.7

Air Terjun Ganda yang terdapat di Desa Sisundung Kecamatan Angkola Barat Tapanuli Selatan.

        13.8  Istana Tunggang Bosar

13.8

Istana ini terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan, tepatnya di sebuah desa kecil yang bernama Desa Janji Mauli. 

        13.9  Danau Siais

13.9.a13.9.b

Terletak di desa Raniate, Kabupaten Tapanuli Selatan. Danau ini merupakan danau terluas kedua di Sumatera Utara dengan luas 4500 hektar.

        13.10        Danau Marsabut

13,10.a 13,10.b

Wisata Alam Danau Marsabut adalah wisata alam yang terletak di kawasan Kecamatan Sipirok Desa Bunga Bondar. Danau marsabut ini terletak jauh di pedalaman desa Bunga Bondar. Danau ini memiliki keunikan tersendiri karena lokasi danau yang terletak di tengah hutan sipirok. Nama danau “marsabut” ini berasal dari kata “markabut” yang artinya berkabut, karena danau ini selalu ditutupi oleh kabut sehingga danau ini terlihat angker.

        13.11        Aek Sijornih

13.11.a13.11.b

Aek Sijorni, terdapat 2 air terjun mini yang indah dan berbeda pada air terjun  yang biasanya ramping dan tinggi, air terjun ini melebar pada tanah miring yang mengandung kapur. Lokasi air terjun ini berada di desa Aek Libung, kecamatan Sayur Matinggi, kabupaten Tapanuli Selatan, provinsi Sumatera Utara.

        13.12        Candi Bahal (Candi Portibi)

13.12

Candi ini disebut juga Candi Portibi dan diperkirakan sezaman dengan Candi Muata Takus di Riau yakni sekitar abad XII.  Lokasinya di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara atau sekitar 3 jam perjalanan dari Padang Sidempuan.  Candi Bahal disebut biaro oleh masyarakatnya adalah kompleks candi yang terluas di provinsi Sumatera Utara, karena arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III. Seluruh bangunan di ketiga kompleks candi dibuat dari bata merah, kecuali arca-arcanya yang terbuat dari batu keras. Masing-masing kompleks candi dikelilingi oleh pagar setinggi dan setebal sekitar 1 m  yang juga terbuat dari susunan bata merah. 
 

14.   WISATA DI KABUPATEN ASAHAN

        14.1  Sungai Asahan

14.1.a14.1.b

Potensial Sungai Asahan khususnya disekitar Desa Tangga, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, merupakan sumber daya alam untuk onyek wisata alam yang ideal dan terus dikembangkan agar semakin dikenal oleh masyarakat luas, khususnya para wisatawan. Derasnya arus air sungai Asahan berkecepatan 120 meter kubik per detik dengan grade IV – V+ sangat menantang jiwa petualangan para penggemar olah raga air deras ini.

        14.2  Air terjun simonang monang

14.2Air terjun simonang monang berada di kecamatan Bandar pulau Asahan, merupakan salah satu objek wisata di daerah Asahan

        14.3  Jembatan Bedeng

14.3.a14.3.b

Di tempat ini terdapat jembatan gantung yang unik, kecil dan sempit. Anda dapat menyebrangi sungai Asahan dan menikmati derasnya arus dan airnya yang menghijau dari atas jembatan gantung ini.

        14.4  Air Terjun Ponot

14.4Air terjun Ponot terletak jauh di dalam jantung alam Asahan yang masih asri dan jarang dikunjungi oleh kebanyakan orang. Keindahan Air terjun Ponot terletak pada debet airnya yang sangat deras dan juga susunan air terjunnya yang merupakan air terjun 3 tingkat dengan ketinggian total 45 meter. 

        14.5  Air Terjun Unong Sisapa

14.15Objek wisata air terjun Unong Sisapa terletak di wilayah perbukitan Dusun Aek Silabat, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge ± 60 km sebelah Baratdaya kota Kisaran. Lokasi wisata alam Unong Sisapa dapat ditempuh ± 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor sampai ke Dusun Aek Silabat. 
 

15.   WISATA DI KABUPATEN BATUBARA

        15.1  Danau Laut Tador

15.1Laut Tador adalah salah satu dari 20 desa dan kelurahan di Kecamatan Sei Suka Batubara.

          15.2  Pantai Bunga Batubara

15.2.a15.2.b

Pantai Bunga memiliki tanah berpasir yang sangat putih. Akan tetapi, pantai ini sangat kecil dan minim wahana-wahana wisata. Tempatnya pun terasa kurang terurus meskipun relatif bersih dibanding pantai terkenal lain. Panjang lokasi wisata hanya sekitar 100-200 meter saja.

        15.3  Pulau Salah Nama

15.3Pulu Salah Nama ini merupakan pulau terluar di ProVinsi Sumatera Utara, yang berbatas dengan Pulau Berhala, Kabupaten Rokan Hilir ProVinsi Riau.

        15.4  Pulau Pandang

15.4.a15.4.b

Luasnya Selat malaka di Indonesia memiliki banyak pulau-pulau kecil yang cantik.Selain Pulau Berhala  ada lagi Pulau Pandang yang masuk kawasan administratif Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Pulau ini dapat ditempuh dengan menyeberang lautan selama dua jam dari pelabuhan Tanjung Tiram, Batubara. Pulau Pandang memiliki keindahan panorama khas pulau kecil dengan pasir putih, batu-batu cadas besar, serta alam bawah laut dengan biotanya yang masih wara wiri dengan damai. Di pulau ini juga dapat ditemui penangkaran penyu.

16.   WISATA DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

        16.1  Taman Nasional Batang Gadis

16.1Taman Nasional Batang Gadis merupakan kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati sangat tinggi, habitat bagi berbagai jenis mamalia khas sumatera, dan habitat berbagai jenis burung yang diantaranya merupakan jenis langka dan terancam punah.

        16.2  Pemandian Air Panas Siabu

16.2

 

        16.3  Air panas sibanggor

 16.3Danau Marambe terletak di Desa Sirambas, Kecamatan Panyabungan Barat. Danau ini sangat indah, hijau dan asri dengan luas genangan ± 20 hektar.

        16.4  Pantai Natal

16.4Pantai Natal ini berada di sebelahbarat pantai sumatera utara, tepatnya di Kecamatan Natal kabupaten Mandailing Natal. Pantai ini merupakan pantai terpanjang di Sumatra Utara dengan ukuran panjang 171 mil.

        16.5  Wisata Tempat Danau Siombun

16.5

 

 

 17.   WISATA DI PULAU NIAS

        17.1  Pantai Indah Tureloto

17.1Pantai Indah Tureloto terletak di desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa.

        17.2  Toyolawa Beach

17.2Toyolawa Beach terletak di desa Hiligawoyo, Kecamatan Lahewa.

        17.3  Pantai Ambukha

 17.3Pantai Ambukha terletak di Desa Hilihati, Kecamatan Lahewa.

        17.4  Pantai Nela

17.4Pantai Nela terletak di desa Iraonolase, Kecamatan Lahewa.

17.5  Puncak Hili Maziaya, North Nias

17.5Puncak Hili Maziaya terletak di Maziaya, Kecamatan Lotu.

        17.6  Pantai Laosi-laosi

17.6Pantai Laosi-laosi terletak di desa Sifaoro Asi, Kecamatan Afulu.

17.7  Air Terjun Togi Ganaa North Nias

17.7Air Terjun Togi Ganaa terletak di desa Sifaoroasi, Kecamatan Afulu.

        17.8  Danau Megoto

17.8Danau Megoto terletak di desa Ononamolo Tumula, Kecamatan Alasa.

        17.9  Air Terjun Luaha Ndroi North Nias

17.9Air Terjun Luaha Ndroi terletak di desa Fulolo, Kecamatan Alasa.

        17.10         Kara Sangadulo

 17.10Kara Sangadulo (batu bertelur) di Desa Lolo Ana’a, Kecamatan Alasa sebagai salah satu objek wisata unggulan. Menurut cerita warga setempat, kemunculan batu-batu sebesar bola itu sudah berlangsung puluhan tahun lalu. Namun yang mengherankan, hingga saat ini misteri dari mana asalnya batu-batu tersebut belum terpecahkan.

17.11        Gua Simangani

17.11.a17.11.b

Gua Simangani terletak di desa Ombolata, Kecamatan Alasa.

 

 17.12        Batu Megalith Gowe Balugu Haluana’a

17.12Batu Megalith Gowe Balugu Haluana’a terletak di desa Ononamolo Tumula, Kecamatan Alasa.
 

        17.13        Air Terjun Helewuti North Nias

17.13Air Terjun Helewuti terletak di desa Umbu Balodano, Kecamatan Sitolu Ori .

        17.14        Pulau Sibaranum

17.14Pulau Sibaranum terletak di Kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan.

17.15        Pantai Gawu Soyo

17.15Pantai Gawu Soyo, Satu-satunya Pantai Berpasir Merah di Sumatera Utara, hanya ada di Afulu Nias Utara.

17.16        Pulau Asu

17.16Pulau Asu terletak di kecamatan Sirombu kabupaten Nias Barat

        17.17        Puncak genasi

17.17Puncak genasi terletak di kecamatan Toma, kabupaten Nias Selatan.

        17.18        Pantai Saroke 

17.18Pantai Saroke terletak di mulut Teluk Lagundari dan berhadapan lansung dengan Samudera Indonesia. Pantai ini merupakan surga bagi para peselancar dunia. Pada musim-musim tertentu, pantai ini ramai dikunjungi oleh mereka yang sangat menyukai bermain di atas papan sambil meluncur di atas kencang dan tingginya ombak Pantai Saroke.

        17.19        Pantai Lagundri 

17.19Pantai Lagundri merupakan pantai berpasir putih berjarak sekitar 13 km di selatan Kota Teluk Dalam. Pantai ini bersebelahan langsung dengan Pantai Sorake. Selain Pantai Sorake, pantai ini juga merupakan destinasi favorit peselancar dunia walaupun ombaknya tidak setinggi dan seindah ombak di Pantai Sorake.

        17.20        Pantai Ladeha

17.20Pantai Ladeha terletak di Desa Lölömoyo, Kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan.

        17.21        Asi Walo

17.21Asi Walo atau Pantai Walo terletak di Desa Teluk Bengkuang Kecamatan Sawõ, Kabupaten Nias Utara

        17.22        Pulau Panjang

17.22Pulau Panjang terletak di Kelurahan Pasar Lahewa, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.

        17.23        Pulau Makora

17.23Pulau Makora terletak di Kelurahan Pasar Lahewa, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara.

        17.24        Pantai Seriwa’o

17.24

 

 

              18.   WISATA DI KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

18.1     Aek Sipangolu

Wisata Alam yang terletak di Desa Simangulampe Kec. Baktiraja berupa Air Terjun kecil nan indah. Menurut cerita, mata air ini muncul setelah Raja Sisingamangaraja XII menancap-kan tongkatnya untuk memberi minum bagi gajahnya yang kehausan. Konon air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, dan orang yang mandi di sini bisa awet muda sehingga tidak jarang orang berkunjung kesana untuk mengambil airnya, berdoa dan berziarah. Aek Sipangolu artinya Air Kehidupan.
 

18.2   Air Terjun Binanga Janji

Lokasi wisata  terletak di Desa Marbun dengan objek wisata berupa air terjun dengan ketinggian 30 meter serta dapat juga dijadikan sebagai pemandian dengan kedalaman air sekitar satu meter. Jarak lokasi air terjun dari Kecamatan Baktiraja sekitar 1 Km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 dan 4 dengan kondisi jalan aspal yang baik dan untuk mencapai titik air terjun pengunjung dapat berjalan kaki mengikuti jalan beton sejauh kurang lebih 50 meter.

 18.3   Objek Wisata Sipinsur

Objek Wisata Sipinsur memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Sipinsur berada di atas perbukitan Desa Sipinsur, Kecamatan Paranginan. Dari bukit ini dapat dipandang keindahan Danau Toba dan pemandangan alam meliputi 3 (tiga) Kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Tobasa, dan Samosir. Selain pemandangannya yang sangat menarik, juga merupakan tempat rekreasi, perkemahan (Camping Ground), dan juga telah tersedia taman bermain anak-anak, lintas alam, restaurant.

18.4   Tao Silosung dan Sipinggan

Objek wisata ini terletak di Desa Silaban. Danau ini menurut cerita rakyat daerah setempat adalah merupakan bekas lokasi bertarungnya dua manusia bersaudara pada zaman dahulu yang bertikai dan akhirnya saling adu kesaktian, seorang melempar lesung (losung) dan seorang lagi melemparkan piring (pinggan) dan kemudian lokasi tempat jatuhnya benda-benda tersebut berubah menjadi sebuah danau yang dinamai Tao Silosung dan Tao Sipinggan.

18.5   Pulau Simamora

Pulau ini terletak di Kecamatan Baktiraja.

 

18.6   Istana Sisingamangaraja

Istana Sisingamangaraja

Istana ini terletak di Desa Simamora, Kecamatan Bakti Raja.

 

18.6   Air Terjun Sipultak

Sampuren ini terletak di desa Janjimatogu, Kecamatan Pakkat.
 
 

Published on: Jan 16, 2015  @18:38

 

One comment on “Sumatera Utara

  1. Ping-balik: North Sumatra’s Waterfalls | The World Is Not That Big

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s