Aceh

1.  Pulau Weh

Pulau Weh
Pulau Weh. Diapit oleh terumbu karang yang hidup dan menawan, Pulau Weh belum begitu tersentuh meskipun ukurannya tidak luas dan aksesnya mudah. Pulau ini adalah taman yang sering dilupakan. Lokasinya berada di pulau paling barat dari kepulauan Indonesia. Terletak di jalan pintu masuk Selat Malaka, pulau ini umumnya merupakan bagian laut dan permata bagi banyak kapal yacht dan kapal pesiar untuk berkunjung dan menikmati pemandangannya.

2.  Masjid Agung Baiturrahman

Masjid Agung Baiturrahman
Dengan dinding putih cerahnya dan kubah megah berwarna hitam, masjid agung berusia 130 tahun ini adalah bangunan yang indah. Di sinilah ratusan orang mengungsi dari bencana tsunami tahun 2004 lalu yang hampir meratakan seluruh kota. Pada saat itu tsunami sangat menghancurkan, meluluhlantahkan setiap bangunan, baik yang lama maupun yang baru. Ini merupakan fakta yang memberikan arti besar kepada Masjid Agung Baiturrahman di kota Banda Aceh. Masjid ini lebih dari sekedar karya besar dari arsitektur Islam di Indonesia, karena dapat bertahan dari bencana tsunami yang dipandang oleh banyak orang sebagai campur tangan langsung dari Sang Pencipta. Masjid Agung Baiturrahman terletak di pusat kota Banda Aceh. Ditandai oleh menara setinggi 35 m, 7 kubah besar dan 7 menara masjid, Baiturrahman kemungkinan menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia dan semenanjung Malaysia; menggantikan masjid dengan  gaya atap berlapis-lapis.

3.  Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung LeuserTaman Nasional Gunung Leuser.,
Hutan ini dominannya berada di Aceh Timur, Aceh Selatan, dan Langkat Sumatera Utara, dikenal dengan hasil  kopi kelas dunia dan tembakau. Hutan Gunung Leuser juga memiliki kekayaan buah-buahan tropis seperti mangga, rambutan, durian, alpukat, jeruk, pepaya, dan jambu biji. Taman Nasional Gunung Leuser dan area disekitarnya dikenal dengan nama Kawasan Ekosistem Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Ada sekira 130 spesies dapat diidentifikasi di Taman Nasional Gunung Leuser, yaitu: harimau sumatera, gajah, badak, siamang, kera, macan tutul, reptil, ikan, dan juga 325 spesies burung. Taman Nasional Gunung Leuser memiliki puncak tertinggi 3.381 m dan merupakan salah satu taman nasional terbesar dan paling beragam di Indonesia seluas 7.927 km² di ujung utara Sumatera.

4.  Sungai Alas

Sungai AlasSungai Alas.,
Sungai Alas mengalir langsung ke Samudera Hindia, memiliki arus yang luar biasa menarik perhatian penggemar arung jeram dari seluruh dunia. Salah satu keunggulan Sungai Alas adalah dikelilingi hutan yang masih asri di Taman Nasional Gunung Leuser. Terletak di 165 km tenggara Takengon, Sungai Alas mengalir membelah Taman Nasional Gunung Leuser. Daerah ini sangat populer di kalangan muda dan petualang. Memiliki tikungan tajam dan arus yang menantang bagi para pengadu nyali.

5. Takengon

TakengonTakengon.,
Takengon adalah ibu kota Kabupaten Aceh Tengah. Kawasan ini merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk dan memiliki beragam tempat wisata indah di antaranya adalah Danau Laut Tawar, Puteri Pukes, dan Pantan Terong. Kota Takengon terletak berdekatan dengan Kabupaten Bener Meriah, dan sekitar 100 km dari Kota Bireun.

6. Sabang

Sabang.,Sabang
Sabang adalah kota yang terletak di Pulau Weh dan merupakan pintu gerbang di kawasan ujung barat Indonesia. Sabang memiliki luas 156,3 km² dengan puncak tertinggi 617 meter di atas permukaan air laut. Karena terletak di Pulau Weh banyak orang yang menyebut Pulau Weh sebagai Pulau Sabang. Pulau Weh sendiri merupakan pulau utama dan terbesar yang terpisahkan dari daratan Aceh oleh Selat Benggala. Selain berbatasan langsung dengan negara 3 negara yaitu Malaysia, Thailand dan India, Sabang juga merupakan sebuah daerah yang sangat unik bagi Indonesia. Hal itu karena di sinilah terdapat tugu Nol Kilometer yang merupakan cikal bakal istilah, “Dari Sabang sampai Merauke”.

7. Museum Tsunami Aceh 

Museum Tsunami Aceh Museum Tsunami Aceh .,
Museum ini diresmikan pada Februari 2008. Tujuan pembangunannya selain untuk mengenang gempa bumi yang mengakibatkan tsunami tahun 2004 juga serta menjadi pusat pendidikan dan sebagai pusat evakuasi jika bencana tsunami datang lagi. Saat itu korban tsunami Aceh 2004 menewaskan lebih 120 ribu orang. Model bangunannya adalah hasil pemenang sayembara, yaitu M.Ridwan Kamil (Dosen Arsitektur dari Institut Teknologi Bandung) dengan ide bangunan berupa Rumoh Aceh as Escape Hill. Denah bangunan museum ini merupakan analogi dari epicenter gelombang laut tsunami. Unsur tradisional berupa Tari Saman telah diterjemahkan dalam kulit luar bangunan eksteriornya. Museum ini Berlokasi di Jalan Iskandar Muda,Banda Aceh.

8.  Pantai Iboih

Pantai Iboih Pantai Iboih.,
Hutan lindung Iboih memiliki garis pantai yang menawan dengan pasir berwarna keemasan dan batuan besar bersusun. Di pantai sepanjang pesisir Iboih, formasi batuan yang tersusun banyak dimanfaatkan pengusaha akomodasi untuk membangun istana kecil bagi wisatawan. 

9. Pantai Gapang

Pantai GapangPantai Gapang.,
Pantai Gapang terletak di Kota Sabang, Pulau Weh. Salah satu pilihan wisata bahari  di Aceh yang sangat menarik bagi para wisatawan. 

10. Tapaktuan

Tapaktuan Tapaktuan.,
Tapaktuan dikenal dengan sebutan Kota Naga dimana berasal dari sebuah Legenda Putri Naga dan Tuan Tapa yang sudah menjadi sejarah lisan masyarakatnya secara turun temurun. Tapaktuan merupakan kota di pesisir selatan pantai Aceh yang posisinya strategis dengan pelabuhan alam dan menjadi basis ekonomi kelautan di Provinsi Aceh.  Tapaktuan mempunyai makanan khas yaitu kue pala.Minyak pala juga dipasarkan ke luar daerah seperti Medan dan Padang, juga sebagai komoditas ekspor ke Singapura, Korea Selatan, jepang, Australia, dan Inggris dalam bentuk biji pala, fuli, dan minyak pala.

11. Pantai Sumur Tiga 

Pantai Sumur Tiga Pantai Sumur Tiga .,
Pantai ini diberi nama Sumur Tiga karena memiliki tiga sumur air tawar yang terdapat di sepanjang pantainya.

12. Tugu Nol Kilometer Sabang

Tugu Nol Kilometer Sabang Tugu Nol Kilometer Sabang.,
Lokasi tugu ini terletak di areal Hutan Wisata Sabang tepatnya di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih, Letaknya di sebelah barat kota Saban. Tugu Nol Kilometer RI atau biasa disebut Monumen Kilometer Nol merupakan sebuah penanda geografis yang unik di Indonesia. Hal ini berkaitan perannya sebagai simbol perekat Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi objek wisata sejarah bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Tugu kilometer Nol adalah sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Tugu Nol Kilometer di Sabang memiliki kembarannya yaitu di Merauke, tepatnya di Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

13. Kepulauan Banyak

Kepulauan Banyak
Kepulauan Banyak terdiri dari 99 gugusan pulau yang sebagian besar belum diberi nama. Ini merupakan sebuah kecamatan yang letaknya di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Wilayah laut yang luas membuat pulau-pulau di dalamnya memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pasir putih dan lambaian daun memperindah panorama.

14. Pantai Cemara Indah

Pantai Cemara IndahPantai Cemara Indah terletak di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya sekira 25 kilometer dari ibukota kabupaten dan 5 kilometer dari kecamatan. Sesuai dengan nama daerahnya, pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Gosong Telaga atau Pantai Gostel.

15. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam
Air Terjun Blang Kolam terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara dan bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari Lhokseumawe. Terdapat air terjun kembar dengan tinggi 75 meter yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. 

16.  Air Terjun Suhom

Air Terjun SuhomAir Terjun ini berada di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Air terjun ini memiliki tiga tingkat dengan ketinggian 50 meter.

17.  Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk
Pantai ini disebut juga sebagai Pantai Kuta di Aceh. Pantai Lampuuk memiliki garis pantai sepanjang 5 km dari selatan ke utara dengan pasir putih lembut dan tebing karang di ujung pantai.

18.  Pantai Lhoknga

Pantai LhokngaPantai Lhoknga berada tak jauh dari Pantai Lampuuk. Tempat wisata ini berjarak sekitar 20 km dari Banda Aceh. 

19.  Pantai Ulee Lheue

Pantai Ulee Lheue
Pantai ini berjarak 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Meuraxa.

20.  Pulau Rubiah

Pulau RubiahPulau Rubiah ada di Sabang, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh.

21.  Kuala Merisi

Kuala MerisiKuala Merisi merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pantai dengan suasana yang sepi dan tenang. Tempat wisata di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak kecil yang cocok untuk bermain air di tepian.

22. Pantan Terong

Pantan TerongPantan terong merupakan bukit yang biasa digunakan untuk melihat keindahan Aceh Tengah dari atas. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1830 meter di atas permukaan laut.

 

 

 

Published on: Jan 23, 2015   @04:11

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s