Stress?? Makan tomat aja

Konsumsi makanan tertentu seperti cokelat dan buah-buahan serta sayur telah diketahui dapat melindungi seseorang dari depresi.Sebuah penelitian telah menemukan manfaat ajaib buah tomat yang mampu menurunkan risiko depresi hingga setengahnya jika rutin dikonsumsi.

Makan Tomat - www.jurukunci.net

Hasil dari studi yang diterbitkan dalam Journal of Affective Disorders menemukan bahwa orang yang makan buah tomat dua sampai enam kali seminggu memiliki kemungkinan 46 persen lebih rendah untuk mengembangkan depresi dibandingkan orang yang makan buah tomat kurang dari sekali seminggu.

Selanjutnya, para peneliti juga menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi produk tomat setiap hari dapat mengurangi risiko depresi hingga 52 persen. Para peneliti menyatakan bahwa buah-buahan dan sayuran lainnya tidak memiliki manfaat yang sama seperti tomat.

Tomat merupakan sumber lycopene, yaitu antioksidan yang memberikan warna alami dalam tomat dan telah terkait dengan rendahnya risiko kanker prostat dan serangan jantung. Para peneliti mengatakan bahwa selain melindungi prostat dan jantung, lycopene juga dapat melindungi kesehatan mental dan fisik dengan mengurangi stres oksidatif atau kerusakan sel-sel otak yang sehat.

Tidak jelas apakah lycopene dalam tomat secara langsung dapat mempengaruhi otak atau apakah mampu melindungi terhadap depresi yang terjadi ketika seseorang mengembangkan penyakit kronis seperti kanker. Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa diet buah tomat mungkin lebih memiliki efek pencegahan terhadap gejala depresi dibanding sayuran lain.

 

–SALAM WORDPRESSIONER–

 

 

 

Published on : Dec 13,2012  @00:33

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s